Jumat, 11 Juli 2008

Cara Membuat Blog (Ngeblog Yuu..)

Mungkin diantara sobat-sobat sekalian ada yang belum tahu tentang blog dan bertanya-tanya tentang blog, maka tidak ada salahnya kalau saya akan mengulas sedikit tentang blog menurut pengetahuan saya sendiri. Sedikit ja zzzzz (coz q juga baru tahu kemaren2, heheheee…)

Apa itu Blog ?

Blog (singkatan dari Web log) adalah situs yang sifatnya lebih pribadi, yaitu lebih berat kepada penggambaran dari si pembuat blog itu sendiri.

Blog dibuat oleh para desainer penyedia blog agar bekerja secara otomatis dan mudah untuk dioperasikan, jadi bagi kita-kita yang masih bingung dengan bahasa pemrograman untuk membuat sebuah website tidak jadi persoalan. Apabila sobat sudah bisa membuat sebuah account email di internet, maka dalam membuat blog pun saya yakin sobat bisa. Cara membuat blog Seperti halnya ketika kita membuat e-mail, dalam membuat blog pun kita harus mempunyai sebuah account terlebih dahulu, maka langkah pertama adalah mendaftarkan diri kita terlebih dahulu di free blog provider (penyedia hosting/domain blog gratis). Ada banyak Free blog provider yang terdapat di internet dan beberapa yang sering dipakai oleh sobat-sobat kita adalah http://www.blogger.com/, http://www.wordpress.com/ serta http://blogsome.com/. Kali ini saya akan membahas tentang cara pembuatan blog di http://www.blogger.com. Untuk menuju situs tersebut silahkan klik di sini. terus silahkan sobat klik gambar dibawah untuk mendaftar.

Setelah sobat berada pada situs blogger.com, sobat akan melihat gambar seperti gambar di atas. Silahkan lakukan langkah-langkah berikut ini :
Klik tsobat anak panah yang bertuliskan " CIPTAKAN BLOG ANDA "
Isilah Alamat Email dengan alamat email sobat (harus yang asli n valid lho..)

Isikan kembali alamat email sobat tadi pada form Ketik ulang alamat email

Tuliskan password yang sobat inginkan pada form Masukkan sebuah password

Isikan kembali password sobat tadi pada form Keyik ulang sandi (password)

Isi Nama Tampilan dengan nama yang ingin sobat tampilkan (boleh nama sobat n yang lain2nya, terserah sobat dech..)

Tulis tulisan yang tertera pada form Verifikasi Kata. Beri tanda tik/cek pada kotak di pinggir tulisan Saya menerima Persyaratan dan Layanan.

Klik gambar anak panah yang bertuliskan "LANJUTKAN"

Tuliskan judul blog yang sobat inginkan (nanti bisa di rubah lagi kok..) pada form Judul Blog

Tulis nama situs sobat pada form Alamat Blog (URL)

Tulislah tulisan verifikasi yang ditampilkan pada form Verifikasi kata (bisa cita2, harapan, moto hidup, dan lain2, up to you dech…), jika sudah selesai klik gambar panah yang bertuliskan "LANJUTKAN".

Pilihlah gambar (template) yang sobat inginkan (nanti bisa di rubah lagi, mungkin kalau kurang cocok maksudnya..), kemudian klik gambar anak panah yang bertuliskan "LANJUTKAN"

Setelah keluar tulisan "Blog anda telah di iptakan". Klik gambar panah bertuliskan "MULAI POSTING". Silahkan sobat tuliskan semau sobat. Bagi para pemula (seperti saya hehe..), biasanya kita bingung setelah daftar membuat blog apa yang harus di isi (diposting ) dalam sebuah blog. Tentunya isi dari sebuah blog terserah kepada si pemilik blog itu sendiri, apakah mau di isi artikel, cerita, puisi, materi kuliah atau sekolah, ataupun lainnya. Nah di sini saya menyarankan (bukan maksud saya mengurui lho..), tulislah dalam blog sobat tersebut dengan hoby ataupun minat serta keahlian sobat sendiri, karena tentu saja di luar sana banyak sekali orang yang tentunya sama minat dan hobynya dengan sobat, sehingga mereka akan tertarik untuk membaca tulisan-tulisan sobat, dan pada akhirnya kita bisa bertukar ilmu gitu lho..
Jika sudah selesai klik tombol "MEMPUBLISKAN POSTING".

Jika sudah selesai dan muncul tulisan “Lihat Blog”, klik, taraaaa… blog sobat jadi dech n bisa diakses oleh orang-orang di seluruh dunia.

Untuk mempercantik blog sobat, sobat bisa tanya teman-teman yang lebih tahu atau baca-baca di internet, coz banyak sobat-sobat kita yang telah memposting banyak hal tentang mempercantik dan memperhias blog. Coba klik di sini. Atau tanya saya (kayak dah pinter ja zz.. heee…). Oke good luck dech sobat…

Disalin dari:
Blog Kang Romhan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar