Rabu, 02 Februari 2011

Apakah prinsip konstruktivisme cara mengajar yang efektif?

Prinsip konstruktivisme adalah inti dari filsafat pendidikan William James dan John Dewey. Konstruktivisme menekankan agar individu secara aktif membangun pemahaman dan pengetahuan. Menurut pandangan konstruktivis, guru bukan sekadar memberi informasi ke pikiran anak, akan tetapi guru harus mendorong anak untuk mengeksplorasi dunia mereka, menemukan pengetahuan, merenung, dan berpikir secara kritis.
Konstruktivisme juga menekankan pada kolaborasi   anak-anak saling bekerja sama untuk mengetahui dan memahami pelajaran.
Seorang guru yang menganut prinsip konstruktivis tidak akan meminta anak-anak sekadar menghapal informasi, tetapi juga member mereka peluang untuk membangun pengetahuan dan pemahaman materi pembelajaran. agar anak duduk diam, menjadi pendengar pasif, dan menyuruh anak menghapal informasi yang relevan maupun yang tak relevan.

Namun, tidak semua orang setuju dengan pandangan konstruktivis ini. Beberapa pendidik lama masih percaya bahwa guru harus mengarahkan dan mengontrol cara belajar anak. Mereka juga percaya bahwa konstruktivis sering sekali tidak fokus pada tugas akademik dasar atau kurang memperhatikan prestasi anak. 

Prinsip konstrukvisme merupakan cara mengajar yang efektif, guru dapat mendorong anak untuk mengeksplorasi kemampuannya dalam hal yang dikuasainya. Dalam proses belajar-mengajar, guru memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk dapat saling bekerja sama dalam berbagi pengetahuan dan memahami pelajaran. Dengan prinsip mengajar seperti ini, anak-anak lebih leluasa untuk mengetahui bidang yang mereka sukai dan bakat apa yang mereka miliki, interaksi dengan temannya pun akan berjalan baik dan dapat membiasakan serta mengajarkan mereka bagaimana hidup bersosialisasi di lingkungan sekitar.
Namun, guru juga harus tetap mengontrol anak-anak agar mampu menyelesaikan tugas-tugasnya dengan hasil yang baik dan dapat meraih prestasi. Dengan demikian, anak-anak telah terdidik dengan baik dari sejak kecil dan dapat menjadi anak yang memiliki pemikiran yang berkembang untuk menjadi anak yang berprestasi ke depannya.

Daftar Pustaka 
Santtrock, John W. 2008, Psikologi Pendidikan Edisi Kedua, Penerbit: Kencana Prenada Media Group: Jakarta

 NB: penjelasan dan pengembangan yang lebih tentang prinsip konstruktivisme dapat dilihat di: 
 konstruktivisme william james

Tidak ada komentar:

Posting Komentar