Minggu, 06 Februari 2011

RISET PERILAKU KONSUMEN

BEBERAPA tahun terakhir ini, perilaku konsumen merupakan salah satu bidang kajian psikologi yang paling banyak menarik perhatian. Hal ini terkait dengan uniknya perilaku konsumen dalam menyikapi berbagai macam produk dan jasa yang tersedia di pasaran. Dalam berbagai penelitian yang telah dipublikasikan diketahui bahwa harga, merk, kemasan, jenis produk, pangsa pasar, dan pola distribusi bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi keputusan seseorang untuk membeli sebuah produk atau jasa. Selain dari faktor-faktor di atas, ada faktor lain yang sangat mempengaruhi keputusan seseorang untuk membeli, yaitu blind faktor. Faktor ini hanya bisa diketahui oleh produsen melalui sebuah riset perilaku konsumen yang komprehensif.

Riset perilaku konsumen ini merupakan layanan kami dalam upaya membantu produsen untuk mencari dan menemukan berbagai kekurangan atau permasalahan yang terkait dengan kegagalan sebuah produk atau jasa. Selain itu juga untuk membantu produsen dalam memperluas ceruk pasar, memperkuat merek (brand), mempertajam penetrasi pasar, mengetahui tingkat kepuasan konsumen, mengetahui keinginan konsumen, mengetahui tingkat persaingan produk di lapangan, mengetahui aktivitas para follower/ pengikut/ peniru) yang berpotensi merusak pasar, dan lain-lain.

Metode yang dipergunakan dalam riset perilaku konsumen ini meliputi metode observasi, wawancara, angket, dan skala sikap/ perilaku, dengan menggunakan metode pencuplikan data secara acak (random).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar