Selasa, 08 Februari 2011

REKRUTMEN DAN SELEKSI SDM

REKRUTMEN adalah proses mencari, menemukan, dan menarik para pelamar untuk dipekerjakan di dalam organisasi. Sedangkan seleksi adalah proses pemilihan dan penentuan bagi diterima tidaknya atau tetap tidaknya seseorang untuk menduduki posisi tertentu di dalam organisasi. Untuk proses pemilihan dan penentuan itu, biasanya dilakukan serangkaian tes tertentu, seperti: tes psikologi, tes kemampuan akademik, tes performansi, tes kecakapan kerja, tes bidang kerja, dan lain-lain.

Dalam upaya membantu organisasi melaksanakan proses rekrutmen dan seleksi karyawan, kami menyediakan 2 (dua) jenis layanan, yakni:
1. Completely Service (Comser)
Comser adalah jenis layanan yang bersifat menyeluruh yang disediakan bagi organisasi atau konsumen yang memiliki keterbatasan waktu untuk melakukan proses rekrutmen dan seleksi secara langsung. Dengan jenis layanan ini, maka organisasi atau konsumen tidak lagi direpotkan atau disibukkan dengan aktivitas-aktivitas yang bersifat administratif seperti: penyusunan spesifikasi manusia (man spec) pemasangan paket publikasi/ iklan, penyeleksian berkas lamaran, pemanggilan calon, wawancara awal, pelaksanaan tes, dan penetapan calon terpilih, karena seluruh proses atau tahapan rekrutmen dan seleksi di atas akan dilaksanakan oleh kami berdasarkan prinsip profesionalitas, akuntabilitas, dan etika profesi. Adapun jenis layanan Comser ini akan meliputi paket pelayanan di bidang:
a. Penyusunan spesifikasi dan kualifikasi manusia yang dibutuhkan
b. Pemasangan paket publikasi/ iklan di media cetak lokal/ nasional
c. Penyeleksian berkas lamaran yg masuk sesuai dng spesifikasi & kualifikasi
d. Pemanggilan pelamar yang sesuai dengan spesifikasi dan kualifikasi
e. Pelaksanaan wawancara awal bagi pelamar yang terpanggil
f. Pelaksanaan tes tertulis dan/ psikotes bagi pelamar yang lulus wawancara awal
g. Penetapan calon terpilih yang paling sesuai dengan spesifikasi dan kualifikasi
2. Separated Servise (Sepser)
Sepser adalah jenis layanan yang bersifat terpisah yang disediakan bagi organisasi atau konsumen yang hanya membutuhkan aspek layanan pada salah satu tahapan seleksi atau rekrutmen, seperti: pelaksanaan tes tertulis atau psikotest terhadap calon terpilih yang sudah ditetapkan oleh organisasi atau konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar