Senin, 14 Februari 2011

Program kontruktivis yang mana yang paling efektif?


Menurut saya, program “School for Thought” yang paling efektif. Karena school for thought adalah program kontruktivis  social   yang mengombinasikan aspek The Jasper Project, Fostering a   Community of Learners (FCL), dan Computer Supported Intentional Learning Environment (CSILE).                          
Didalam program school for thought terdapat tiga program inti kontruktivis yang secara sistematis telah memiliki strategi-strategi untuk mengembangkan cara pembelajaran anak.      
Ketiga program tersebut menekankan arti penting dari usaha mengajak anak untuk memikirkan permasalahn yang ada yang mungkin terjadi di kehidupan dunia nyata.                                 
Ketiga program tersebut juga dapat melibatkan perubahan dalam sistem pengajaran terhadap murid selama kegiatan belajar-mengajar berlangsung di dalam kelas. Dan manfaat-manfaat lain dari penerapan dan pengembangan program school for thought ini.                          
Program school for thought juga menggunakan teknologi dalam proses pengajaran, karena ketiga program yang dikombinasikan dalam program school for thought ini mendorong murid untuk berkomunikasi secara elektronik dan menggunakan internet dalam mencari informasi materi pembelajaran maupun tugas-tugas sekolah.                                                                                              
Dengan demikian, program school for thought paling efektif dibandingkan program-program kontruktivis yang lainnya, karena program school for thought ini sendiri telah mencakup tiga program kontruktivis yang telah ada.

Daftar Pustaka 
Santrock, John W. 2008, Psikologi Pendidikan Edisi Kedua, Penerbit: Kencana Prenada Media Group: Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar