Senin, 07 Maret 2011

Apakah melalui e-learning peserta didik dapat termotivasi untuk meningkatkan interaksi pembelajaran?


 Salah satu kelebihan e-learning adalah dapat meningkatkan interaksi pembelajaran. Peserta didik dapat berinteraksi langsung, sehingga pemahaman terhadap materi pembelajaran akan lebih bermakna, mudah dipahami, mudah diingat, dan mudah pula untuk diungkapkan kembali.           
Untuk mendapatkan ilmu yang sesuai diharapkan, para peserta didik termotivasi untuk meningkatkan interaksi pembelajaran melalui e-learning.   
Dalam kegiatan pembelajaran elektronik melalui internet, peserta didik yang terpisah satu sama lainnya di samping juga terpisah dari guru merasakan lebih leluasa atau bebas untuk mengungkapkan pendapat atau mengajukan pertanyaan karena ketika pada pembelajaran konvensional di kelas, kesempatan yang ada atau yang disediakan guru untuk berdiskusi atau bertanya jawab sangat terbatas. Ketika pembelajaran melalui e-learning, peserta didik dapat berani dan tidak malu untuk bertanya atau mengungkapkan pendapat karena tidak ada peserta didik lainnya yang secara fisik mengamati dirinya.
Melalui pembelajaran on-line, setiap peserta didik merasakan adanya kebebasan untuk mengajukan pertanyaan atau menyampaikan pendapat dan pemikiran tanpa diiringi oleh perasaan takut dipermalukan dihadapan banyak orang yang disaksikan oleh guru. Iklim pembelajaran dan perasaan peserta didik yang seperti ini akan dapat membuat peserta didik termotivasi untuk meningkatkan kadar interaksi dalam kegiatan pembelajaran, sehingga hasil belajar lebih optimal.

Daftar Pustaka

Munir. 2008. Kurikulum berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Bandung:
Alfabeta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar