Senin, 18 April 2011

Apakah tujuan dari bimbingan sekolah?


Tujuan dari bimbingan sekolah dibedakan kepada tiga tujuan, yaitu tujuan remedial, tujuan preventif dan tujuan yang bersifat meningkatkan perkembangan.
Tujuan remedial ialah tujuan yang diarahkan agar siswa berfungsi pada tingkat kemampuannya sendiri. Contohnya, siswa yang terlalu cemas dalam menghadapi suatu situasi (situasi ujian, misalnya) dianggap perlu mendapatkan bantuan untuk membuatnya mampu dalam menghadapi situasi – situasi yang ada di sekolah, tepatnya selama masa pendidikan. Tujuan remedial ini merupakan tujuan yang berkaitan dalam menghilangkan sifat – sifat negatif siswa.
Tujuan reventif pada dasarnya adalah usaha mengurangi kebutuhan untuk intervensi konseling remedial. Ini dapat dicapai dengan cara membuat tidak diperlukannya intervensi remedial atau dengan jalan mengurangi taraf gangguan yang mungkin ditimbulkan oleh siswa – siswa yang memang butuh perhatian. Dengan demikian tercapainya tujuan ini dapat menghemat tenaga, waktu dan dana yang diperlukan untuk intervensi remedial. Contohnya, adanya latihan pengembangan pribadi atau latihan keterampilan sosial (social skill)  bagi murid – murid, dapat mencegah keonaran yang disebabkan konflik – konflik antar siswa atau antara siswa dengan guru.
Sedangkan tujuan yang sifatnya meningkatkan perkembangan, pusat perhatiannya adalah membantu siswa mencapai kemampuan psikologis semaksimal mungkin sesuai tingkat perkembangan pada usianya. Tujuan perkembangan, termasuk tujuan pertumbuhan, mengarah pada hubungan antar pribadi yang lebih mendalam dan lebih diperkaya, dalam masalah pemanfaatan waktu luang, dan dalam peningkatan peri kemanusiaan.
Dalam konseling, seringkali tercapainya tujuan remedial tercapai pula beberapa perkembangan. Sebaliknya, tujuan remedial yang dipersyaratkan. Ada kalanya tujuan perkembangan termasuk meningkatkan fungsi siswa di atas normal kelompoknya, karena itu tujuan remedial prasyarat perlu dipenuhi. Tujuan remedial pun diperlukan sebagai intervensi dari tujuan reventif. Maka, tujuan remedial yang memenuhi tujuan – tujuan lainnya di dalam bimbingan konseling di sekolah.

Daftar Pustaka
Sukadji, S. (2000).Psikologi pendidikan dan psikologi sekolah. Depok:Lembaga Pengambangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) Fakultas Psikologi Universitas Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar