Sabtu, 02 April 2011

Latihan Soal : Psikologi Lingkungan ( 1)


Mata kuliah : Psikologi Lingkungan
Semester : VI
Penguji : Drs. Soleh Amini,MSI
Waktu : 60 menit


Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan sejelas-jelasnya. Bobot nilai masing masing soal adalah 25 poin.

1. Hubungan antara manusia dengan lingkungan ( environment) harus bersifat interaksionistis dan mutualisme symbiotik. Jelaskan apa maksud kalimat tersebut. Berikanlah contoh dari bentuk hubungan yang bersifat interaksionistic dan mutualisme symbiotik sehingga terwujut keseimbangan hubungan antara manusia dengan lingkungannya.

2. Hakekat esensisal dari eksistensi manusia dan lingkungan adalah sebagai sebuah entitas. Jelaskan apa yang dimaksud dengan kata “entitas” dalam kalimat ini.

3. Kepadatan (density) kesemrawutan (crowding) dan kebisingan (noise) adalah merupakan salah satu bentuk polusi psikologis yang kerap memicu timbulnya friksi-friksi sosial maupun friksi horisontal dimasyarakat dengan struktur padat penduduk. Jelaskan bagaimanakah dinamika dari peristiwa tersebut diatas. Berikan contohnya.

4. Respon manusia terhadap lingkungannya bergantung pada bagaimana individu itu mempersepsi lingkungan. Sebutkan dan jelaskan konsep tentang gejala-gejala persepsi lingkungan yang dipersepsikan oleh manusia.

5. Tentang Polusi : jelaskan apakah yang dimaksud dengan polusi dan polutan, sebutkan macam-macam polusi, polutan dan contoh-contohnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar