Sabtu, 02 April 2011

Latihan Soal : Psikologi Kontemporer


UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
Program Pendidikan Magister Psikologi
Gedung L Lantai III Pabelan Building Jl Ahmad Yani Pebelan Kartasura

Evaluasi Akademik

Mata Kuliah : Psikologi (sosial) Kontemporer
Penguji : Drs. Soleh Amini Yahman. MSi. Psi
Sifat ujian : Take Home Examination

Petunjuk Mengerjakan : Atas beberapa persoalan dibawah ini, berikanlah ulasan, jawaban atau analisis berdasarkan teori-teori paling mutakhir yang dapat saudara akses dari buku-buku literatur psikologi, sosiologi maupun ilmu-ilmu sosial lain (gunakan pendekatan lintas sektoral interdisipliner). Bila anda merujuk pada suatu rujukan maka sebutkanlah/cantumkanlah sumber rujukan tersebut dengan jelas. ( Jawaban dalam bentuk makalah/artikel dengan format gaya penulisan di koran. Diketik dua spasi maksimal 5 lembar kwarto dan tidak lebih dari 6000 kata. Berikan judul yang menarik pada artikel saudara, lampirkan foto copy identitas diri anda yang masih berlaku). Pilihlah salah satu saja dari tiga persoalan di bawah ini untuk anda kerjakan.

1. Sebagai bagian dari kehidupan dunia, Indonesia tidak mungkin lepas dari proses modernisasi dan globalisasi. Salah satu efek dari modernisasi dan globalisasi yang dirasakan masyarakat Indonesia adalah munculnya perilaku-perilaku sosial yang tidak selaras dengan nation frame of personality bangsa Indonesia. Buatlah anlisis sosio psikologis dan prediksi atas kehidupan sosio kultural masyarakat Indonesia terkait dengan masalah modernisasi dan globalisasi dunia

2. Dalam beberapa bulan terakhir ini, pemerintah kota solo giat dan gencar melakukan operasi terhadap penyakit-penyakit masyarakat. Namun demikian hasil nyata dari kegiatan tersebut belum tampak maksimal, bahkan terkesan sia-sia saja. Lakukanlah analisis yang komprehensif atas masalah ini. Paparkan konsep anda terkait tentang masalah pencegahan dan penindakan terhadap penyakit masyarakat di kota Solo sehingga gagasan anda dapat memeberikan kontribusi pada pembangunan sosial dan psikologis Kota Solo.

3. Degradasi intimitas relasi sosial yang terjadi dalam kehidupan sosial masyarakat dapat dijadikan idikator penting untuk melihat tingkat disorganisasi kehidupan sosial. tuliskan anlisis dan gagasan anda terkait upaya-upaya membangun intimitas dalam relasi sosial sehingga kemungkinan terjadinya disintegrasi sosial bangsa (khususnya disintegrasi pada warga masyarakat kota solo) dapat dicegah atau dieliminasi prevalensi kejadiannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar